Bocoran Kontroler PS5 DualSense dari Sony Dirilis

GamesNews
Bocoran Kontroler PS5 DualSense dari Sony Dirilis 1

Baru-baru ini Sony meluncurkan controller nirkabel DualSense baru untuk PlayStation 5 pada hari Selasa. Controller dapat menampilkan umpan balik haptic, array mikrofon bawaan, dan pemicu adaptif di tombol L2 dan R2. Sony juga mengubah sudut pemicu tangan dan mengubah cengkeraman pengontrol. Tombol “Create” yang baru akan menggantikan tombol “Share” dari controller PlayStation 4 DualShock 4, yang dinyatakan oleh Blog PlayStation U.S. Resmi bahwa pemain akan dapat menggunakannya untuk membuat konten gameplay.

Controller ini nantinya akan memiliki desain dua warna dengan bilah bersinar di setiap sisi touch pad. Perusahaan sedang mempertimbangkan cara untuk mempertahankan daya tahan baterai yang kuat dan mengurangi berat controller.

Bocoran Kontroler PS5 DualSense dari Sony Dirilis 2

Arsitek Lead System PlayStation 5 Mark Cerny, presiden dan CEO baru Sony Interactive Entertainment (SIE), sebelumnya mengumumkan bahwa Controller PS5 dapat menampilkan umpan balik haptic untuk menggantikan teknologi “gemuruh” saat ini. Selain itu, pemicu adaptif yang dimasukkan ke dalam tombol pemicu kontroler (L2, R2) akan memungkinkan pengembang untuk menyesuaikan resistensi pada pemicunya.

PS5 dijadwalkan untuk dirilis selama musim liburan 2020. Cerny mengungkapkan pada bulan April 2019 bahwa konsol baru sedang dikembangkan selama empat tahun.

Arsitek Lead System PS5 Mark Cerny menyatakan selama presentasi livestream “The Road to PS5” pada 18 Maret bahwa “hampir semua” judul PS4 akan dapat dimainkan di PS5 saat diluncurkan. Perusahaan mengharapkan bahwa 100 judul PS4 teratas berdasarkan peringkat waktu bermain akan dapat dimainkan. Sony juga sebelumnya mengumumkan bahwa “mayoritas besar” lebih dari 4.000 judul PS4 akan dapat dimainkan di PS5. Perusahaan menyatakan bahwa judul terbelakang yang kompatibel akan berjalan pada frekuensi yang ditingkatkan pada PS5, yang dapat menghasilkan frame rate yang lebih tinggi atau lebih stabil dan resolusi yang lebih tinggi. Perusahaan telah mengevaluasi dan menguji ratusan game untuk menemukan masalah yang perlu penyesuaian, dan berencana untuk menguji ribuan lebih sebelum peluncuran konsol.

Konsol ini nantinya akan mendukung beberapa drive M2, dan SIE akan mengumumkan drive mana yang cocok. Inti grafis konsol ini akan menggunakan ray tracing dan shader primitif untuk memungkinkan beragam detail.

Pengembang konsol ini menargetkan SSD PS5 untuk memiliki IO Throughput sebesar 5,5 GB/detik dengan waktu pencarian instan. RDNA 2 khusus konsol akan memiliki 10,28 TFLOPS dan 36 CU dengan frekuensi variabel dibatasi pada 2,23 GHz.

Pengembang menargetkan untuk memanfaatkan ratusan sumber suara canggih untuk PS5. Sistem akan menggunakan Head-Related Transfer Function (HRTF) untuk membuat audio 3D melalui headphone dan speaker TV dengan mesin Tempest 3D Audio Tech. Konsol ini akan memiliki 5 HRTF yang tersedia saat diluncurkan.

Sumber: Official U.S. PlayStation Blog Via ANN