Black CloverAnimeSimak

“Black Clover” Kisah Perjalanan Asta Menjadi Kaisar Sihir

0
"Black Clover" Kisah Perjalanan Asta Menjadi Kaisar Sihir 1

SimakBlack Clover

INFO:

Tipe: TV

Episode: 170

Status: Hiatus

Tayang: 3 Oktober 2017

Studio: Pierrot Studio

Produser: TV Tokyo, Avex Pictures, Shueisha

Lisensor: Crunchyroll, Funimation

Sumber: Manga

Genre: Action, Comedy, Magic, Fantasy, Shounen

SINOPSIS:

Asta dan Yuno, keduanya saat bayi ditinggalkan di gereja, sejak saat itulah mereka berdua terus bersama. Mereka berdua bersumpah kalau mereka berdua akan bersaing ntuk memperebutkan gelar Kaisar Sihir selanjutnya. Akan tetapi, semakin beranjak dewasa, terdapat perbedaan mencolok di antara mereka berdua. Yuno menjadi seorang yang jenius dalam sihir, dengan kekuatan dan kendali sihir yang hebat. Sementara itu Asta tak bisa menggunakan sihir sama sekali, dan dia mencoba menutupi kekurangannya tersebut dengan melatih tubuhnya. Akan tetapi, saat Yuno terancam, kekuatan sebenarnya dari Asta akhirnya terungkap, dia mendapatkan kekuatan semanggi lima daun, Grimoire, semanggi hitam! Dan keduanya pun keluar dari tempat mereka dibesarkan untuk mencapai impian mereka berdua menjadi Kaisar Sihir.

REVIEW

"Black Clover" Kisah Perjalanan Asta Menjadi Kaisar Sihir 2CERITA:

Untuk cerita, anime ini mengisahkan tentang perjuangan Asta, seorang pemuda dari desa Hage yang tidak dapat menggunakan sihir, tetapi ingin menjadi seorang kaisar sihir di Kerajaan Clover. Dari segi cerita anime ini seperti kebanyakan anime shounen lainnya yaitu mengisahkan sang tokoh utama yang pantang menyerah dan terus berjuang untuk mewujudkan impiannya, tidak ada yang baru dari segi plot, tetapi yang unik adalah tokoh Asta disini sangat ingin untuk menjadi seorang kaisar sihir meskipun ia tidak memiliki sihir sama sekali, sisi menariknya adalah kita disuguhkan bagaimana perjuangan Asta dalam mewujudkan impiannya, mulai dari mendapatkan sebuah Grimoire semanggi berdaun lima, sampai kekuatan misterius yang tersembunyi dalam diri Asta. Konsep kekuatan yang tersembunyi ini mungkin sudah umum bagi seorang tokoh utama anime shounen, jika melihat kebelakang, tokoh utama seperti Gon Freecss, Naruto Uzumaki, Yusuke Urameshi, juga memiliki konsep yang hampir mirip. Hal ini membuat kita bisa mengira-ngira bagaimana garis besar jalan cerita yang akan terjadi. Sejauh ini terdapat 10 arc utama dan yang memiliki cerita paling menarik adalah arc “Witches Forest” karena disini kita pertama kali ditampilkan dengan kekuatan tersembunyi Asta secara jelas. Dari segi cerita saya memberikan nilai 7,5/10, meskipun plot animenya cukup umum, tetapi terdapat sebuah plot twist ringan yang membuat kita tetap bisa dibuat penasaran bagaimana kelanjutan ceritanya.

"Black Clover" Kisah Perjalanan Asta Menjadi Kaisar Sihir 3

VISUAL DAN GRAFIS:

Visual dari anime Black Clover sangat mencerminkan ciri khas garapan studio Pierrot, pergerakan karakternya cukup halus meski ada beberapa bagian yang terlihat agak kikuk, tetapi untuk kualitas visualnya dapat dikatakan cukup, Black Clover tidak menyajikan kualitas visual yang sangat baik, tetapi juga tidak bisa dibilang buruk. Visual adegan pertarungan terbilang biasa saja banyak pewarnaan adegan yang dapat dikatakan kurang mencolok dan terlihat kurang kontras, bahkan di beberapa adegan akan  menampilkan pose yang aneh saat di jeda. Untuk visual saya memberikan nilai 7/10.

"Black Clover" Kisah Perjalanan Asta Menjadi Kaisar Sihir 4

MUSIK:

Black Clover mungkin adalah satu dari beberapa anime yang memiliki banyak opening dan ending yang enak untuk didengar, salah satunya adalah opening yang berjudul “Black Rover” yang dibawakan oleh band Vickeblanka. Untuk masalah SFX dan BGM dapat dikatakan cukup untuk memberikan vibe dan menambah intensitas saat adegan pertarungan. Untuk musik saya memberikan nilai 7/10.

"Black Clover" Kisah Perjalanan Asta Menjadi Kaisar Sihir 5

 

"Black Clover" Kisah Perjalanan Asta Menjadi Kaisar Sihir 6

PENOKOHAN:

Di anime Black Clover, kita disuguhkan tokoh utama yang bernama Asta, seperti kebanyakan anime shounen lainnya, tokoh Asta adalah seseorang yang pantang menyerah dan terus berjuang, ia juga sangat memperdulikan teman-temannya. Asta juga memiliki seorang rival yang bernama Yuno, saat masih kecil mereka berdua ditemukan di depan gereja yang sama, Asta dan Yuno pun bisa dikatakan telah memiliki hubungan saudara tidak sedarah, untuk rivalitas, saya merasakan kurangnya perseteruan di antara mereka berdua, meski tujuan mereka sama yaitu menjadi kaisar sihir, tetapi kurang diperlihatkan bagaimana persaingan mereka dalam memperebutkannya.  Diceritakan setelah lolos ujian masuk sihir, Asta kemudian di terima oleh Yami, seorang kapten kesatria sihir untuk masuk ke dalam squadnya yang bernama Black Bull, di sana Asta bertemu dengan banyak karakter baru dan memiliki kepribadian yang berbeda-beda, sedangkan Yuno menerima tawaran dari squad Golden Dawn yang diceritakan adalah pasukan sihir terbaik di Kerajaan Clover. Tokoh yang menarik perhatian saya justru adalah Yami dan Julius, Yami bisa dikatan menjadi mentor Asta selama cerita berjalan, meskipun ia adalah tokoh yang digambarkan pemalas, dan pemarah, tetapi ia juga orang yang sangat peduli terhadap semua anggota squadnya. Sedangkan untuk tokoh Julius diceritakan adalah seseorang yang saat ini sedang menjabat sebagai Kaisar Sihir, ia digambarkan sebagai tokoh yang bijaksana, lembut, dan selalu memiliki rasa penasaran terhadap sihir. Untuk penokohan saya memberikan nilai 8/10.

FILLER:

Untuk memberi jarak antara cerita di manga dengan animenya tidak lengkap rasanya jika anime shounen tidak memiliki filler, hal ini pun juga terdapat di anime Black Clover, total ada 17 episode yang tergolong ke dalam filler, dari segi cerita filler ini termasuk biasa saja dan tidak memberi kesan apa-apa terhadap cerita utama.

KESIMPULAN:

Black Clover adalah salah satu anime shounen yang cukup menarik untuk ditonton, meski plot yang dibawakan tergolong standar, tetapi anime ini memiliki daya tarik tersendiri bagi saya untuk terus menontonnya, untuk masalah grafik, di awal awal mungkin akan butuh penyesuaian, tetapi seiring berjalannya cerita, masalah ini akan terabaikan dengan sendirinya. Untuk keseluruhan saya memberikan nilai 7,5/10.

Ougi
Just an ordinary who has too much spare time and lacks hobbies

[Review] Super Cub – Episode 1

Previous article

Anime Muteking the Dancing Hero Mengungkapkan Staf, Seiyuu, Visual, Video Teaser, dan Musim Debutnya

Next article

You may also like

More in Black Clover

Komentar