NewsJepang

Beberapa Pantai di Jepang Ikut Terkena Dampak Tsunami akibat Erupsi Gunung Tonga

0
Beberapa Pantai di Jepang Ikut Terkena Dampak Tsunami akibat Erupsi Gunung Tonga 1
Citra satelit yang diambil oleh Himawari-8, satelit cuaca Jepang, menunjukkan letusan gunung berapi bawah laut Hunga-Tonga-Hunga-Ha’apai di negara Pasifik Tonga Sabtu (15/1/2022). Letusan itu mengirimkan gelombang besar menerjang pantai dan orang-orang bergegas ke tempat yang lebih tinggi. Sumber : JAPAN METEOROLOGY AGENCY via AP PHOTO

Sebuah gunung berapi bawah laut yang terletak di lepas pantai Kepulauan Tonga meletus, hingga memicu terjadi tsunami pada hari Sabtu (15/1/22). Tsunami tersebut menghantam Kepulauan Tonga dan beberapa negara di Laut Pasifik, bahkan Amerika Serikat hingga negara Jepang.

Seperti dilansir Japan Today, Badan Meteorologi Jepang mengatakan tsunami 3 meter mungkin melanda beberapa pulau di barat daya Jepang termasuk Pulau Amami serta prefektur timur laut Iwate.

Tsunami 1,2 meter sempat terjadi di kota Amami pada hari Sabtu, sementara tsunami 1,1 meter tiba di Prefektur Iwate pada pukul 2:26 Minggu pagi (16/1/22).

Tsunami dengan ketinggian kurang dari 1 meter juga terjadi di wilayah pantai Hokkaido, Kyushu, dan Okinawa.

Hingga saat ini tidak ada korban jiwa yang dilaporkan, tetapi sekitar 210.000 orang di tujuh prefektur Aomori, Iwate, Miyagi, Chiba, Kochi, Miyazaki dan Kagoshima diminta untuk mengevakuasi diri dari pantai.

Setelah peringatan tsunami tersebut dan atas nasihat dari Badan Meteorologi Jepang, pemerintah mendirikan kantor penghubung di kantor perdana menteri untuk mengumpulkan informasi mengenai bencana tsunami yang terjadi.

startrik

Musim ke-2 Anime Kanojo, Okarishimasu Siap Tayang di Bulan Juli

Previous article

Anime Date A Live Season 4 akan Tayang di Bulan April

Next article

More in News

You may also like

Komentar