Yūkoku no Moriarty

Mengapa William James Moriarty Disebut Sebagai Patriot?

0
Mengapa William James Moriarty Disebut Sebagai Patriot? 1

Setelah musim pertamanya selesai tayang pada Desember 2020, kini musim kedua dari anime Moriarty the Patriot juga sedang tayang sejak April kemarin.

Saat mendengar judul Moriarty the Patriot, apakah kalian pernah terpikirkan apa arti dari kata “patriot” di judul tersebut? Dan mengapa James Moriarty yang disini digambarkan sebagai sosok psikopat yang sadis, manipulatif dan berdarah dingin dijuluki sebagai patriot? Jika iya langsung saja simak artikel di bawah.

Mengapa William James Moriarty Disebut Sebagai Patriot? 2

Apa yang ada di benak anda saat mendengar kata patriot? Seorang tentara yang berjuang demi negaranya? Seseorang yang mencintai dan mendukung negaranya? Atau malah Elijah Bradley seorang pahlawan super dari komik marvel yang tergabung ke dalam tim Young Avengers dan mempunyai kode nama patriot.

Menurut KBBI makna dari kata patriot adalah “pencinta (pembela) tanah air” sedangkan menurut kamus Oxford patriot adalah “a person who loves their country and who is ready to defend it against an enemy”(seseorang yang mencintai negaranya dan yang siap untuk mempertahankannya dari musuh). Setelah melihat beberapa definisi di atas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa patriot adalah “Seseorang yang cinta dengan tanah airnya dan ingin melindungi negaranya dari berbagai ancaman”.

William James Moriarty

William James Moriarty

Dari sini mungkin ada beberapa pembaca yang telah paham maksud dari julukan patriot James Moriarty, yap meskipun ia adalah sosok psikopat yang kejam, sadis dan bahkan disebut sebagai Napoleonnya kriminal oleh Sherlock Holmes, tetapi ia adalah sosok yang sangat cinta terhadap tanah airnya yaitu negara Inggris.

Mengapa William James Moriarty Disebut Sebagai Patriot? 3

Seperti yang kita ketahui latar dari anime ini adalah di Inggris akhir abad ke-19 yang dimana pada saat itu masih bersistem aristokrat.

Moriarty melakukan semua aksi pembunuhannya bukanlah tanpa alasan, ia mendalangi kasus pembunuhan terhadap para bangsawan jahat yang menganggap bahwa masyarakat kelas bawah hanyalah parasit yaitu dengan tujuan untuk menghapuskan sistem feodal aristokratik.

Mengapa William James Moriarty Disebut Sebagai Patriot? 4

Moriarty melakukan ini semua adalah karena kecintaanya terhadap tanah airnya dan ingin membuat Inggris menjadi negara yang lebih baik dengan cara menghancurkan sistem kasta agar para masyarakat kelas bawah memiliki kedudukan yang sejajar dengan para bangsawan.

Nah itu dia analisis singkat tentang arti kata “patriot” dari judul Moriarty the Patriot. Jadi bagaimana menurut anda?

Ougi
Just an ordinary who has too much spare time and lacks hobbies

Game Horor Fatal Frame Rilis Kembali dengan Seri Baru dalam Bentuk Format Mesin Pachinko

Previous article

Manga Kimi wa 008 Karya Shun Matsuena Memasuki Klimaksnya

Next article

You may also like

Komentar