SimakAnimeAnotherCorpse Party

Another VS Corpse Party : Mana yang Lebih Seram?

0
another

Halo, kurang lebih tiga hari saya tidak memposting karena keadaan saya yang sedang sakit. Dan, untuk kali ini, saya akan membandingkan secara ringan antara dua serial horor yang telah saya tonton beberapa tahun yang lalu.

Apa pentingnya perbandingan ini? Sebenarnya, tidak ada hal khusus, tetapi dari sini kita bisa tahu mana anime yang benar-benar seram dan mana anime yang bermodalkan kengerian. Jadi yuk langsung saja kita bahas.

 

1. Adaptasi

Kedua anime ini diadaptasi dari media yang berbeda. Untuk Anime Another digarap berdasarkan novel karya Yukito Ayatsuji yang terbit pada tanggal 29 Oktober 2009. Selain serial anime, novel bergenre Horor, misteri, thriller ini juga mendapat adaptasi manga dan Live-action yang tayang perdana pada tanggal 4 Agustus 2012.

Sedangkan anime Corpse Party diadaptasi menurut game Visual novel. Sebenarnya, ada banyak seri dari game visual novelnya, namun yang paling awal dirilis adalah seri Corpse Party: Book of Shadows di tahun 2011. Anime-nya sendiri kemungkinan berasal dari bagian cerita game visual novel seri Corpse Party : Missing Footage yang dirilis 2 Agustus 2012.

 

2. Latar Belakang Tempat

Another-1

Antara novel dan visual novel jika dibandingkan berdasarkan latar tempat, maka akan berbeda. Another punya banyak latar belakang tempat yang bervariasi. Sedangkan Corpse Party latar tempatnya hanya berfokus di sekitaran lingkungan sekolah.

Faktor episode yang minim, mungkin membuat serial anime Corpse Party tidak memiliki banyak latar belakang tempat, selain lingkungan sekolah.

Tempat yang berganti-ganti sebenarnya tidak terlalu diperlukan bagi serial horor, tetapi hal ini dapat membantu film jauh lebih menarik dan membuat para penonton tidak akan merasa bosan.

 

3. Visual

Corpse party-1

P.A Works untuk Another vs Asread untuk Corpse Party, untuk ini sudah jelas mana yang unggul. Another tayang pada tahun 2012 dan grafisnya cukup memuaskan. Sedangkan Corpse Party tayang pada tahun 2013 dan garfisnya pun cukup bagus untuk sekitaran anime yang rilis di tahun 2010 sampai 2014-an. Asread juga punya pekerjaan yang bagus bagi Serial Anime Mirai Nikki yang tayang pada tahun 2011.

Jadi, kedua serial anime ini cukup berimbang dalam masalah grafis.

 

4. Protagonis

Another-Misaki

Menurut saya Protagonis dalam serial horor sangatlah penting karena akan mempengaruhi plot cerita. Dalam Serial Another protagonis ditunjukkan dengan sosok yang cukup misterius, tetapi juga imut yaitu Misaki. Ya, protagonis ala-ala chuuni yang misterius, juga keberadaannya, sering kali membuat kita bertanya-tanya. Ini menjadi unsur keseriusan cerita Another.

Anime Corpse Party: Tortured Souls punya protagonis pemberani bernama Seiko Shinohara. Sebenarnya Seiko tidak kalah imut, tetapi saya salut dengan keberaniannya untuk berusaha tetap survive. Karakter ini cocok sekali dengan serial Corpse Party yang lebih menekankan ketegangan daripada misteri.

 

5. Plot

Kedua Anime tersebut sama-sama mengumpulkan fragmen-fragmen yang hilang untuk mengetahui penyebab terjadinya peristiwa berdarah. Yang menjadi pembeda adalah situasi yang menyelimuti serial tersebut.

Seperti yang sudah saya tulis di atas, Another terkesan penuh dengan misteri sebelum akhirnya konflik yang tegang. Sedangkan Corpse Party sudah tegang dari episode awal, meskipun puncak ketegangan yang sebenarnya terjadi di episode 3 dan 4.

 

Dari 5 poin pembanding di atas, pertanyaan mengenai “Mana yang Lebih Seram?” Jika dilihat dari segi horor maka, jawaban saya adalah Another. Bagi saya, anime Corpse Party lebih keperasaan ngeri daripada seram, di mana mungkin ini juga menjadi ciri khas dari horor Jepang.

Meski demikian, saya akan tetap merekomendasikan kalian yang tertarik dengan serial horor untuk menonton kedua seram anime tersebut.

startrik

[Review] Kanojo mo Kanojo – Episode 4

Previous article

[Review] Bokutachi no Remake – Episode 4

Next article

More in Simak

You may also like

Komentar