Anime 4K, Sol Levante Debut pada tanggal 23 Maret di Netflix

AnimeNewsSol Levante
Anime 4K, Sol Levante Debut pada tanggal 23 Maret di Netflix 1

Netflix mengumumkan pada hari Rabu bahwa anime “Sol Levante” produksi Production I.G akan debut di Netflix pada tanggal 23 Maret. Anime ini adalah proyek percobaan hasil kerjasama antara Netflix dan Production I.G untuk memproduksi anime yang digambar tangan dengan kualitas 4K HDR pertama.

Anime ini awalnya direncanakan untuk tayang perdana pada musim gugur lalu melalui paket premium Netflix.

Proses pembuatan Sol Levante ini diawasi langsung oleh Insinyur teknologi kreatif Netflix, Haruka Miyagawa, dan diarahkan oleh Akira Saitoh dari I.G Production (Darah + efek khusus, fotografi Otogi Zoshi). Mengenai proyek tersebut, Saitoh mengatakan bahwa, “ada kendala terkait peralatan, dan 4K dan HDR adalah bidang yang belum dikembangkan dalam industry ini”. Saitoh menambahkan, “Sebagai orang yang ekspresif, kami selalu mencari peluang untuk menghasilkan video yang lebih indah.”

Anime 4K, Sol Levante Debut pada tanggal 23 Maret di Netflix 2

Situs web Animation Business Journal mencatat pada bulan Februari 2019 bahwa permintaan akan anime dengan resolusi 4K diperkirakan akan meningkat. Situs web tersebut meyakini bahwa anime produksi Production I.G dan Netflix akan mendorong batas-batas anime Jepang yang digambar tangan. Proyek ini bertujuan untuk menggunakan teknologi terbaru dan teknik produksi dengan keahlian Production I.G dan para kreator.

Netflix mengumumkan pada Januari 2018 bahwa mereka membentuk aliansi bisnis yang komprehensif dengan studio-studio anime seperti Production I.G dan BONES.

Netflix memulai pemutaran video streaming milik Production I.G berjudul B: the beginning secara serentak di seluruh dunia pada Maret 2018, dan serial tersebut akan mengeluarkan season keduanya.