PeopleNews

Animator Terkenal Yasuo Otsuka telah Meninggal Dunia

0
Animator Terkenal Yasuo Otsuka telah Meninggal Dunia 1

Produser Studio Ghibli Toshio Suzuki telah mengungkap di Tokyo Anime Award Festival 2021 pada tanggal 15 Maret bahwa animator Yasuo Otsuka telah meninggal dunia pada hari itu. Beliau berusia 89 tahun.

Otsuka dilahirkan pada tanggal 11 Juli 1931 di prefektur Shimane, Jepang. Beliau bergabung dengan Toei Dōga (sekarang dikenal sebagai Toei Animation) pada tahun 1956 dan mengerjakan The White Snake dan The Little Prince and the Eight-Headed Dragon. Beliau menjabat sebagai sutradara animasi di film anime klasik Horus – Prince of the Sun garapan salah satu pendiri Studio Ghibli, Isao Takahata. Kritikus memuji karya animasinya yang lincah dan hidup pada judul ini dan judul terkenal lainnya.

Otsuka kemudian pindah ke studio A Production (sekarang dikenal sebagai Shinei Animation) dan akhirnya ke Telecom Animation Film. Beliau adalah sutradara animasi dan desainer karakter untuk seri anime TV Lupin III pertama yang menetapkan struktur pendukung penting (framework) untuk franchise Lupin yang sudah berjalan lama. Beliau juga bekerja dengan Hayao Miyazaki, anak didik dulunya sekaligus teman dekatnya, sebagai sutradara animasi untuk Future Boy Conan, Lupin III: The Castle of Cagliostro (di mana beliau juga seorang desainer karakter), dan karya terkenal lainnya.

Di tahun-tahun terakhirnya, Otsuka membantu membina generasi animator masa depan sebagai instruktur di Akademi Animasi Yoyogi Tokyo. Beliau menerima Association’s Special Award untuk pencapaian seumur hidup di Japan Academy Prizes tahunan Ke-42 pada tahun 2019.

Sumber: ANN

Mito.Chan

Manga Pale Blue Dot Battle Athletes Daiundōkai ReSTART! Berakhir

Previous article

Produser Masami Yamamoto Meninggalkan Japan Studio Milik SIE

Next article

You may also like

More in People

Komentar