PeopleNews

Akira Itō, Penulis Lirik Lagu Urusei Yatsura, Meninggal Dunia

0
Akira Itō, Penulis Lirik Lagu Urusei Yatsura, Meninggal Dunia 1

Akira Itō, penulis lirik untuk banyak lagu (jingle) komersial populer dan lagu pembuka pertama untuk anime Urusei Yatsura serta anime klasik lainnya, telah meninggal dunia pada tanggal 15 Mei di rumah sakit Yokohama karena gagal ginjal akut. Beliau berusia 80 tahun. Keluarga dekatnya mengadakan pemakaman pribadi.

Itō lahir di prefektur Chiba. Beliau mulai menulis lirik untuk iklan dan merancang program TV di Jōdan Kōbō (Joke Studio) — kelompok kumpulan kreator yang diawasi oleh penulis dan komposer Toriro Miki (Tetsujin 28-go, New Jungle Emperor, Go Ahead Leo!) — sebelum menjadi independen. Lagu komersialnya “Hitachi no Ki” (Hitachi Tree) untuk pembuat barang elektronik Hitachi menjadi terkenal di seluruh Jepang. Komposisi yang dikenal lainnya termasuk lagu “Isojin” (Iodine) untuk Meiji Iodine, “Kinoko no Yama” (Mushroom Mountain) untuk biskuit coklat Meiji dengan nama yang sama, “Kappa Ebisen” untuk makanan ringan rasa udang dari Calbee, dan “Seiun” untuk stik dupa Nippon Kodo. Beliau juga berkolaborasi dalam lagu untuk Mitsuya Cider dengan Eiichi Ōtaki.

Itō bisa dibilang paling dikenal di luar lagu komersial karena menulis lirik untuk lagu pembuka pertama berjudul “Lum no Love Song” (Lum’s Love Song) untuk anime Urusei Yatsura. Beliau juga menulis lagu tema untuk Tetsujin 28-go (Gigantor), Cutey Honey, Muteki Robo Trider G7, Barefoot Gen 2, Mashin Hero Wataru, Nanako SOS, Stop! Hibari-kun, dan anime populer lainnya.

Sumber: ANN

Mito.Chan

Proyek Sanrio Boys Membuka Audisi Lelaki Sejati yang Mencintai Sanrio

Previous article

Sutradara Gundam SEED Membuat Video Anime untuk Patung Freedom Gundam Seukuran Asli

Next article

More in People

You may also like

Komentar