Acara AnimeJapan 2020 Dibatalkan Karena Masalah Coronavirus COVID-19

NewsEventJepang
Acara AnimeJapan 2020 Dibatalkan Karena Masalah Coronavirus COVID-19 1

Sejak diumumkan pertama kali pada tanggal 9 Januari 2020 oleh organisasi kesehatan dunia (WHO), coronavirus menjadi sebuah momok menakutkan bagi banyak orang di seluruh dunia. Berkembang pertama kali di kota Wuhan, Cina, kini coronavirus mulai menyebar ke berbagai negara termasuk salah satu diantaranya negara sakura, Jepang. Karena alasan tersebut, sebuah event anime di Jepang terpaksa dibatalkan.

Pada hari Kamis lalu, penyelenggara acara AnimeJapan 2020 mengumumkan bahwa mereka telah memutuskan untuk membatalkan acara tersebut karena kekhawatiran atas penyebaran penyakit coronavirus COVID-19, dan pemerintah Jepang baru-baru ini meminta untuk membatalkan acara berskala besar. Pihak yang menangani acara ini akan melakukan pengembalian uang untuk tiket masuk yang dimulai pada tanggal 6 Maret.

Acara AnimeJapan 2020 Dibatalkan Karena Masalah Coronavirus COVID-19 2

AnimeJapan 2020 ini dijadwalkan berlangsung mulai 21-24 Maret di Big Sight, Tokyo.

Kekhawatiran atas penyakit ini telah menyebabkan pembatalan atau penundaan berbagai acara di Jepang, serta perusahaan-perusahaan Jepang mengumumkan ketidak hadiran mereka di acara-acara di luar negeri, berbagai pertemuan, dan pameran perdagangan. Acara cosplay Osaka Nipponbashi Street Festa yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 15 Maret juga batal dilaksanakan karena alasan yang sama. Hiburan Interaktif, Bushiroad, Square Enix, dan perusahaan lain telah mengumumkan ketidakhadiran mereka dari berbagai acara di luar negeri. Minggu lalu Bushiroad mengumumkanbahwa mereka tidak akan menghadiri AnimeJapan 2020.

Tidak hanya itu, jadwal produksi sejumlah anime musim dingin 2020 yang saat ini ditayangkan juga telah dipengaruhi oleh penyebaran penyakit ini. Serial anime The A3! Season Spring & Summer akan mulai menayangkan ulang episode pertamanya pada 6 April, dengan penundaan pada sebagian episode The A3! Season Spring & Summer di musim panas ini hingga pemberitahuan lebih lanjut. Staf A Certain Scientific Railgun T anime telah menunda episode 7 dari 21 Februari, tetapi anime akan dilanjutkan pada hari Jumat, 28 Februari. Demikian pula, minggu lalu staf anime Infinite Dendrogram menunda episode 7, dan baru akan dilanjutkan pada hari Kamis.

Menyusul pembatalan acara AnimeJapan 2020, Asosiasi Pariwisata Anime membatalkan experience “koresponden internasional”-nya yang awalnya direncanakan untuk AnimeJapan.

Penggemar anime luar negeri yang berpartisipasi dalam program ini akan mendapatkan hak pers di AnimeJapan 2020, di antara fasilitas lainnya. Situs Cool Japan Travel akan menawarkan pengembalian uang kepada mereka yang telah membayar untuk program ini.

Kasus COVID-19 yang pertama kali dilaporkan terjadi di Wuhan, Cina pada bulan Desember, dan kemudian mulai menyebar dalam berbagai tingkat dan intensitas di banyak bagian dunia. melalui inkubasi di inang manusia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan darurat kesehatan dunia pada 30 Januari. Pada hari Rabu, WHO melaporkan bahwa ada 81.109 orang yang terinfeksi di seluruh dunia, dengan 78.191 di antaranya di Cina dan 164 kasus resmi di Jepang. (Diamond Princess, sebuah kapal pesiar yang merapat di Yokohama, menambah 691 orang yang terinfeksi) 2.718 orang telah meninggal karena penyakit ini di Tiongkok. WHO melaporkan satu kematian karena COVID-19 di Jepang. Namun, Hokkaido melaporkan kematian pertamanya karena COVID-19 pada hari Rabu. Sampai hari Selasa, penumpang keempat dari kapal pesiar Diamond Princess meninggal di sebuah rumah sakit di Jepang, meskipun penyebab kematiannya belum dilaporkan.

Jepang mengumumkan pada hari Rabu bahwa mereka akan melarang masuknya warga negara asing yang mengunjungi kota Daegu dan daerah terdekat Cheongdo di provinsi Gyeongsang Utara, Korea Selatan. Ia telah melarang warga negara asing dari dua provinsi Cina, Hubei dan Zhejiang, memasuki Jepang.

Dalam pertemuan satuan tugas pemerintah pada Rabu siang, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyampaikan usulan Kementerian Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan minggu lalu kepada penyelenggara untuk membatalkan, menunda, atau menurunkan skala acara mereka hingga pertengahan Maret, karena hingga beberapa minggu ke depan adalah periode kritis untuk mengatasi wabah. Usulan ini adalah permintaan yang tidak mengikat.

Sumber: AnimeJapan