AnimeSimak

8 Rekomendasi Anime yang Hanya Memiliki 1 Latar

0
rekomendasi anime 1 latar

Latar merupakan salah satu unsur terpenting di dalam sebuah cerita, baik cerita itu berbentuk sebuah cerita pendek (cerpen), novel, komik atau manga, game visual, film, dan lain-lain. Hal ini juga tidak terkecuali untuk anime.

Serial anime umumnya ditayangkan per musim dengan beragam jumlah episode, mulai dari 8 episode, 12, bahkan hingga 23 atau lebih. Tentunya di tiap episode tersebut latar pada tiap episode harus berganti karena bisa menyajikan cerita yang lebih unik dan tidak membuat penonton merasa bosan.

Namun tahukah kalian, bahwa ada juga anime yang bahkan latar-nya tidak pernah berganti? Latar anime ini sebenarnya bukan tidak berganti sama sekali, namun dari segi keseluruhan cerita, sebenarnya anime tersebut 90% hanya membawakan cerita dengan latar yang sama.

Penasaran? Berikut daftar-nya.

Baca juga: Suka Karakter Maid? Ini 8 Rekomendasi Anime untuk Kamu yang Suka dengan Karakter Maid

 

1. Corpse Party

8 Rekomendasi Anime yang Hanya Memiliki 1 Latar 1

Daftar ini kita awali dengan anime horror sebagai pembuka, dimana ini adalah salah satu anime horror yang cukup legenda di zaman-nya. Siapa diantara kalian yang tidak kenal dengan anime Corpse Party?

Anime ini mengisahkan sekelompok anak-anak yang sepulang sekolah melakukan sebuah ritual agar anak-anak ini tetap berteman selamanya. Na’as, sebenarnya ritual ini sangat berbahaya dan mereka tidak menyadari bahwa setelah melakukan ritual tersebut mereka akan dilemparkan ke sebuah sekolah di dimensi lain, yang isi-nya adalah hantu-hantu dari sekolah itu.

Corpse Party merupakan anime OVA, bukan TV Series. Anime Corpse Party juga memiliki dua sesi, yang pertama berjudul Corpse Party: Missing Footage berjumlah 1 episode, kemudian yang kedua berjudul Corpse Party: Tortured Souls – Bougyakusareta Tamashii no Jukyou berjumlah 4 episode.

Menurut mimin kalian bebas bisa memilih mau menonton yang mana lebih dulu, karena cerita-nya juga tidak memberi plot yang menggantung. Namun akan lebih baik jika kalian menonton dari sesi yang pertama lebih dulu.

Anime ini diklaim sempat menjadi topic trending karena cukup menyeramkan dan sangat direkomendasikan bagi kalian yang menyukai anime horror. Hanya saja, menurut mimin anime ini sebenarnya tidak seram, namun sangat sadis.. Jika kalian tidak tahan dengan hal-hal gore, disarankan untuk tidak menonton anime ini.

 

2. Danganronpa: The Animation

Suka Main Game Among Us? Ini 7 Rekomendasi Anime yang Mirip dengan Game Among Us 1

Berikutnya ada serial anime Danganronpa. Anime ini dirilis pada bulan Juli 2013 sebanyak 13 episode.

Kisah sekelompok anak dengan bakat-bakat luar biasa yang disebut sebagai bakat super, terjebak di sebuah akademi elit yang menampung murid-murid berbakat.

Mereka tidak bisa keluar dari akademi tersebut, karena sistem pertahanan yang luar biasa. Dan satu-satunya cara keluar untuk bisa lolos dari akademi ini adalah dengan saling bunuh satu sama lain, sehingga menyisakan satu orang yang akan lolos dari akademi ini.

Dari awal episode hingga tamat, anime ini hanya akan berada di dalam akademi ini saja, dan tidak akan berpindah-pindah ke mana pun. Meskipun tidak benar-benar 100% berada di sekolah, karena nantinya kalian akan dihadapkan dengan flashback singkat yang setidaknya bisa membuat mata kalian segar karena terlalu lama memandang warna latar yang ada di akademi pada anime ini.

 

3. Gakkou Gurashi

20 Klub Sekolah Teraneh yang Pernah Ada di Anime 16

Kembali ke anime horror lainnya, kali ini adalah sebuah anime yang menceritakan tentang invasi zombie. Anime ini dirilis pada bulan Juli 2015 sebanyak 12 episode.

Gakkou Gurashi berpusat pada 4 orang karakter yakni Takeya Yuki, Ebizawa Kurumi, Wakasa Yuri, dan Naoki Miki.

Mereka tinggal di sekolah untuk bertahan hidup karena mereka ber-4 lah saat ini satu-satunya manusia yang bertahan di lingkungan tersebut. Di luar sekolah mereka saat ini dipenuhi dengan banyak sekali manusia yang telah berubah menjadi sosok zombie.

Secara keseluruhan anime ini hanya akan menempatkan latar cerita-nya di dalam sekolah. Selebihnya terkadang latar berganti meskipun hanya sebentar seperti saat mereka membeli persediaan makanan di mall.

Tidak seperti Corpse Party, anime ini terbilang cukup horror, dan tidak terlalu menampilkan adegan gore yang berlebihan.

 

4. GJ-Bu

20 Klub Sekolah Teraneh yang Pernah Ada di Anime 18

Berikutnya ada anime GJ-Bu, atau singkatan dari Good Job-Bu yang berarti klub Good Job, merupakan sebuah anime Slice of Life menyangkut tema kehidupan sekolah di sebuah ruangan klub bernama Good Job. Anime ini dirilis pada bulan Januari 2013 sebanyak 12 episode.

Hampir secara keseluruhan latar yang ditampilkan di dalam anime ini sepanjang 1 musim adalah di ruang klub Good Job. Cerita yang dibawakan anime ini juga hanya seputar kehidupan dari orang-orang klub Good Job yang menghabiskan waktu mereka untuk bersantai di ruangan kesayangan mereka tersebut.

NB: Klub Good Job di anime ini masuk ke dalam salah satu klub sekolah teraneh sepanjang sejarah anime versi Wibumesta.

Baca juga: 20 Klub Sekolah Teraneh yang Pernah Ada di Anime

 

5. Mekakucity Actors

8 Rekomendasi Anime yang Hanya Memiliki 1 Latar 2

Mekakucity Actors merupakan sebuah anime yang dirilis pada bulan April 2014. Anime ini digarap oleh studio Shaft, dan untuk kalian yang belum menonton mungkin sudah bisa menebak akan seperti apa tampilan anime-nya.

Anime ini menceritakan tentang sosok karakter remaja yang enggan untuk keluar rumah bernama Kisaragi Shintarou. Hingga suatu hari, ada hal yang membuatnya harus terseret dengan kehidupan di luar rumah, dan dari sini-lah cerita dimulai.

Tidak seperti anime-anime sebelumnya, kali ini latar yang tidak berubah di dalam anime ini bukan tempat, melainkan waktu. Mungkin bagi kalian yang sudah menonton anime ini akan menyadari satu hal, bahwa anime ini sepanjang 1 musim hanya menayangkan perjalanan cerita yang terhitung cuma 1 hari.

 

6. Seitokai no Ichizon

8 Rekomendasi Anime yang Hanya Memiliki 1 Latar 3

Anime ini dirilis pada bulan Oktober 2009, dan ditayangkan sebanyak 12 episode. Anime ini sedikit mirip dengan GJ-Bu, yakni seputar kehidupan sekolah yang latar-nya lebih banyak menampilkan kehidupan para karakter di dalam ruangan klub.

Perbedaan-nya Seitokai no Ichizon bukan sebuah klub yang absurd seperti GJ-Bu, melainkan ini adalah sebuah ruangan OSIS.

 

7. Shadows House

8 Rekomendasi Anime yang Hanya Memiliki 1 Latar 4

Anime ini dirilis pada bulan April 2021, dan ditayangkan sebanyak 13 episode. Anime Shadows House berlatar di sebuah mansion besar yang disebut sebagai Shadows House.

Anime ini mengisahkan sosok gadis bernama Emilyko, boneka hidup yang melayani majikan Shadow-nya bernama Kate. Anime ini berpusat pada cerita Slice of Life, dilengkapi dengan hal-hal supernatural di dalam mansion.

Anime Shadows House hanya berlatar pada tempat mansion Shadows House saja, baik luar maupun dalam. Wajar saja, mansion ini sangat besar, dan tidak ada yang bisa keluar dari gerbang mansion ini kecuali para petinggi dari keluarga Shadows.

NB: Bagi kalian yang ingin menonton anime ini, direkomendasikan untuk menonton dengan resolusi yang bagus dikarenakan gelap-nya sebagian besar warna latar pada anime ini.

 

8. Umineko no Naku Koro ni

Suka Main Game Among Us? Ini 7 Rekomendasi Anime yang Mirip dengan Game Among Us 8

Berikutnya adalah salah satu serial dari When They Cry, yaitu Umineko no Naku Koro ni. Anime ini ditayangkan pada bulan Juli 2009 sebanyak 26 episode.

Anime ini berpusat pada kehidupan keluarga kaya raya Ushiromiya, dan berlatar di pulau Rokkenjima. Mereka memiliki adat istiadat yang dilakukan setiap tahun, yaitu saling berkumpul dan selalu membicarakan tentang keuangan mereka masing-masing.

Suatu hari, mereka mendapatkan sebuah surat dari wanita misterius bernama Beatrice yang mengaku telah meminjamkan modal usaha berupa emas kepada sang kepala keluarga Ushiromiya, yaitu Ushiromiya Kinzo. Hal-hal aneh setelah surat tersebut diterima pun terjadi, seperti pembunuhan yang terjadi satu-persatu pada anggota keluarga Ushiromiya.

Selama 26 episode, kurang lebih anime ini hanya menceritakan plot yang cukup looping (berulang) dan selalu berlatar di tempat yang sama. Semoga kalian betah menonton-nya~

8 Rekomendasi Anime yang Hanya Memiliki 1 Latar 5


Itulah 8 anime yang menempatkan latar ceritanya pada tempat atau waktu yang sama. Jika kalian adalah peminat anime dengan latar yang tidak sering berubah-ubah, anime di atas bisa jadi rekomendasi untuk kalian.

Meskipun menurut mimin sangat jarang ada yang sangat meminati anime yang latar-nya jarang berubah seperti di atas. Bahkan anime dengan latar minim pun hingga saat ini masih sedikit untuk diproduksi.

Mungkin ada anime lain yang berkaitan dengan sedikit latar namun tidak tercantum di atas? Silakan tulis di kolom komentar~!

 

Referensi:
MyAnimeList | AniDB
Yu_Muyya

[Review] Kanojo mo Kanojo – Episode 7

Previous article

[Review] Tantei wa Mou, Shindeiru – Episode 7

Next article

More in Anime

You may also like

Komentar