AnimeSimak

20 Klub Sekolah Teraneh yang Pernah Ada di Anime

0
klub sekolah teraneh

Di dalam cerita anime, kita sering kali mendengar tentang sebuah klub yang didirikan di sebuah sekolah. Klub merupakan istilah lain dari ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler atau klub ini dalam bahasa Jepang biasanya disebut “saakuru / (サークル)” ataupun “bukatsu / ( ぶかつ )”. Klub sekolah merupakan kegiatan non-akademik yang dilakukan siswa di sekolah untuk menekuni suatu bidang tertentu. Klub pada tiap sekolah umumnya ada sangat banyak dan terkandung dalam beberapa bidang. Secara umum, bidang klub yang sering diadakan di sekolah adalah klub bidang olahraga, klub bidang sains, klub bidang musik, klub bidang penelitian, klub bidang seni, dan lain sebagainya.

Biasanya ada sekolah yang mewajibkan untuk siswa-nya bergabung dalam suatu klub. Dalam memilih sebuah klub, siswa harus memilih klub yang sesuai dengan minat & bakat yang ada pada siswa tersebut. Seorang siswa juga bisa saja untuk mendirikan klub baru jika siswa tersebut memiliki bakat namun di sekolah nya tidak memiliki satu pun klub yang bisa menampung bakat nya. Biasanya syarat pendirian klub yaitu harus menyertakan formulir pendirian klub, disertai dengan jumlah minimal anggota dan harus adanya guru pembimbing.

Nah, dalam topik kali ini, Wibumesta akan menampilkan klub atau ekstrakurikuler sekolah yang cukup absurd dalam sepanjang sejarah anime. Dimulai dari konyol nya kegiatan klub tersebut, nama klub-nya, hingga orang-orang yang ada di klub-nya. Penasaran? Berikut daftar nya.

20. Klub Sastra (Hyouka)

20 Klub Sekolah Teraneh yang Pernah Ada di Anime 1

Klub sastra sebenarnya bukanlah sesuatu yang aneh jika dikaitkan dengan kegiatan di sekolah. Klub ini biasanya cukup sering ditemui di sekolah-sekolah Jepang, bahkan Indonesia sendiri juga ada. Klub ini biasanya disebut juga sebagai klub literatur.

Keanehan pada klub ini sebenarnya cukup sederhana, yaitu aktivitas para anggotanya. Dibandingkan menjalani kegiatan sebagai klub sastra, klub yang beranggotakan 4 orang ini justru lebih sering terlibat untuk membantu klub lain di sekolah. Mereka mungkin lebih cocok disebut sebagai klub pembantu klub, atau juga klub pemecah misteri, karena mereka sering kali memecahkan beberapa misteri di sekolah yang dianggap cukup janggal.

 

19. Klub Alam Terbuka (Yuru Camp)

20 Klub Sekolah Teraneh yang Pernah Ada di Anime 2

Klub alam terbuka adalah sebuah klub yang beranggotakan 2 orang siswi pecinta camping yaitu Aoi & Chiaki. Tak lama kemudian, mereka mendapatkan anggota baru, yaitu siswi bernama Nadeshiko yang merupakan siswi pindahan. Klub ini didirikan Aoi & Chiaki sebagai bentuk kecintaan mereka pada kegiatan alam terbuka.

Sekilas tidak ada yang aneh dari klub ini. Namun jika diperhatikan lebih baik, klub alam terbuka tidak terlalu sesuai dengan aktivitas klub yang mereka lakukan. Yang mereka lakukan sebenarnya hanyalah mengadakan camping di akhir pekan atau musim tertentu. Dan itu terlihat seperti hanya suatu kegiatan bersenang-senang pada hobi mereka. Anggota yang sangat sedikit membuat mereka kesulitan untuk mendapatkan sebuah ruangan klub. Ruangan klub yang saat ini mereka pakai hanyalah gudang bekas yang sangat sempit dan memanjang seperti lorong.

 

18. Klub Game (Gamers!)

20 Klub Sekolah Teraneh yang Pernah Ada di Anime 3

Klub yang beranggotakan orang-orang yang hobi bermain game. Kegiatan mereka biasanya diisi dengan bermain game di ruangan selama beristirahat atau sepulang sekolah. Meskipun sepertinya cukup aneh, klub ini cukup menjanjikan karena pernah membawa banyak piala dan penghargaan untuk sekolah.

Kalau di dunia nyata, klub seperti ini mungkin akan sangat sulit untuk ditemukan.

 

17. Klub Peneliti Anime (Animegataris)

20 Klub Sekolah Teraneh yang Pernah Ada di Anime 4

Kali ini adalah sebuah klub penelitian, yakni klub peneliti anime. Klub yang berisi para otaku, wibu, cosplayer, dan lain-lain. Bahkan orang yang tidak terlalu suka anime pun ada di klub ini. Salah satu klub yang paling banyak berurusan dengan OSIS sekolah mereka, dikarenakan klub mereka yang dianggap main-main dan tidak jelas.

Meskipun sedikit aneh, klub ini benar-benar menjalankan aktivitas-nya dengan cukup baik, yaitu meneliti dan bahkan pernah merancang anime.

 

16. Klub Peneliti Makanan (Koi to Senkyo to Chocolate)

20 Klub Sekolah Teraneh yang Pernah Ada di Anime 5

Sebenarnya tidak ada yang spesial dari klub ini. Kegiatan dari klub ini hanyalah makan cemilan setiap hari, bermain-main dan bermalas-malasan. Sangat berbeda dari nama klub nya, klub ini tidak melakukan penelitian sama sekali, bahkan ada diantara anggota klub yang alergi terhadap suatu makanan. Padahal karena namanya klub penelitian makanan, seharusnya tidak ada anggota klub yang alergi terhadap suatu makanan agar bisa mencicipi berbagai jenis makanan yang ada.

 

15. Klub ESP (Kotoura-san)

20 Klub Sekolah Teraneh yang Pernah Ada di Anime 6

Klub ESP (Extra Sensory Perception) yaitu klub yang isinya adalah paranormal. Walaupun anggota yang paranormal disini hanyalah Kotoura saja dari 5 jumlah anggota yang ada di klub ini. Syarat bergabung di klub ini adalah harus memiliki kekuatan supernatural.

Ruangan klub ini sangat mengerikan jika dilihat dari depan, karena banyak tanaman-tanaman liar di sekitar pintu ruangan klub. Dalam dunia nyata, mungkin klub ESP sangat sulit untuk ditemukan. Bahkan kalau pun ada, kalian harus memiliki kemampuan supernatural untuk bisa bergabung dalam klub tersebut. Benar-benar greget ya.

 

14. Klub Perancang Game (Sementara) (D-Frag!)

20 Klub Sekolah Teraneh yang Pernah Ada di Anime 7

Mendengar nama klub nya saja sudah bisa membuat orang bingung. Klub ini merupakan duplikat dari klub Perancang Game yang asli di sekolah nya. Klub perancang game ini sebenarnya tidak benar-benar melakukan perancangan game. Mirip dengan klub Peneliti Makanan, klub ini lebih sering bersantai dan bermain game, bukan merancang nya.

 

13. Klub Tenaga Sukarela No.2 (MM!)

20 Klub Sekolah Teraneh yang Pernah Ada di Anime 8

Klub ini mirip seperti Bimbingan Konseling. Klub ini diketuai oleh Isurugi Mio, sekaligus sebagai penasihat untuk orang yang memiliki masalah dalam hidupnya. Mereka adalah Mio yang kurang pergaulan, Taro yang masokis, dan Yuuno yang takut dengan laki-laki, serta guru pembimbing mereka yang maniak cosplay. Alih-alih sebagai klub untuk menyelesaikan masalah, klub ini malah sebenarnya beranggotakan orang-orang yang bermasalah.

 

12. Klub Pembantu Sekolah (Sket Dance)

20 Klub Sekolah Teraneh yang Pernah Ada di Anime 9

Klub ini bernama SKET yang memiliki singkatan Support, Kindness, Encouragement, and Troubleshoot. Klub ini hampir sama seperti klub Tenaga Sukarela No.2. Perbedaannya, klub ini mendengarkan masalah siswa, dan mereka benar-benar bertindak untuk menyelesaikan masalah tersebut. Masalah apapun yang sampai pada mereka, akan diselesaikan dengan tuntas.

Klub yang mungkin sulit untuk ditemui di dunia nyata, mengingat tidak banyak orang-orang yang mau merepotkan dirinya untuk menyelesaikan berbagai masalah yang ada di sekolahan.

 

11. Klub Peneliti Idol (Love Live! School Idol Project)

20 Klub Sekolah Teraneh yang Pernah Ada di Anime 10

Klub yang dibuat untuk meneliti para idol sekolah. Dan hebatnya klub ini hanya beranggotakan 1 orang, yaitu Yazawa Nico. Klub ini awalnya adalah sebuah klub idol sekolah biasa dan memiliki beberapa anggota. Namun karena banyak yang berhenti, akhirnya anggota klub yang tersisa hanyalah Nico seorang. Dan klub idol yang awalnya telah direncanakan tersebut berubah menjadi klub peneliti idol.

 

10. Klub Peneliti Cosplay (Houkago no Pleiades)

20 Klub Sekolah Teraneh yang Pernah Ada di Anime 11

Nama klub ini hanya sebuah nama samaran saja. Sebenarnya anggota klub ini merupakan sekelompok Mahou Shoujo (gadis penyihir) yang tugasnya untuk mengambil pecahan bintang jatuh di atmosfer untuk dijadikan bahan material pesawat ruang angkasa alien yang disebut Pleiadian. Aktivitas itupun dilakukan dengan rahasia, dan agar mereka bisa selalu bersama sekaligus menyembunyikan aktivitas mereka dari orang lain, maka dibuat lah sebuah klub dengan nama yang aneh ini.

Klub ini cukup langka dan mungkin hanya ada di anime ini, mengingat sepertinya tidak ada orang yang ingin membuang waktu hanya untuk meneliti cosplay.

 

9. Klub Rakyat Jelata (Ore ga Ojousama Gakkou ni “Shomin Sample” Toshite Gets♥Sareta Ken)

20 Klub Sekolah Teraneh yang Pernah Ada di Anime 12

Sebuah klub yang hanya ada di Akademi Seikain, sebuah sekolah asrama khusus perempuan untuk dilatih tentang tata krama dan sikap menjadi keluarga bangsawan. Klub Rakyat Jelata atau istilah lainnya klub orang biasa ini dibentuk untuk para siswi agar mengenali kehidupan di luar asrama, dan mengenali sikap-sikap dari rakyat jelata.

 

8. Klub Peneliti Ilmu Gaib (High School DxD)

20 Klub Sekolah Teraneh yang Pernah Ada di Anime 13

Selain klub Peneliti Anime, klub Peneliti Makanan, klub Peneliti Idol, atau klub Peneliti Cosplay, kali ini ada klub penelitian yang tidak kalah greget aneh-nya, yaitu klub Peneliti Ilmu Gaib. Nama klub nya saja sudah bikin ngeri dan membuat orang-orang berpikir dua kali untuk mau bergabung ke klub ini. Dan yang bisa masuk ke dalam klub ini hanya mereka yang telah menjadi iblis saja.

Kegiatan klub ini adalah memburu para malaikat jatuh atau “datenshi” yang dianggap meresahkan. Selain itu mereka juga membantu manusia yang ingin menyewa jasa dari para iblis ini. Ketua dari klub ini adalah Rias Gremory, yang dijamin akan membuat kalian betah berlama-lama di dalam ruangan klub, meskipun klub ini menyeramkan.

 

7. Klub Game Survival (Sabage-bu!)

20 Klub Sekolah Teraneh yang Pernah Ada di Anime 14

Klub ini berisikan gadis-gadis yang sering membawa senjata dan senang melakukan aktivitas militer. Meskipun senjata yang mereka gunakan sebenarnya adalah senjata mainan. Ruangan klub ini berada di luar gedung sekolah, dan terlihat mirip seperti markas teroris.

Aktivitas klub ini terkadang tidak ada kaitannya dengan sekolah, bahkan sang ketua klub sendiri, Miou berani mengungkapkan di depan OSIS saat rapat klub bahwa mereka telah merusak banyak fasilitas sekolah dan mencederai beberapa murid di sekolah.

 

6. Klub Kacamata (Meganebu!)

20 Klub Sekolah Teraneh yang Pernah Ada di Anime 15

Klub Kacamata adalah sebuah klub di Sekolah Teknik Ketiga Himaraya. Seperti namanya, klub ini hanya berisikan orang-orang ber-kacamata. Orang-orang di klub ini sangat menyukai kacamata. Dan untuk masuk ke klub ini, kalian juga harus mengenakan kacamata, tidak peduli itu kacamata asli atau bukan. Tujuan dari klub kacamata adalah untuk membuat kacamata X-Ray (kacamata untuk melihat benda secara tembus pandang). Setidaknya walaupun orang-orang dan klub nya cukup aneh, namun tujuan mereka dalam klub cukup menarik dan berguna dalam membawa nama baik sekolah.

 

5. Klub Tinggal di Sekolah (Gakkou Gurashi!)

20 Klub Sekolah Teraneh yang Pernah Ada di Anime 16

Tidak mau kalah absurd dari klub-klub di atas, kali ini ada juga klub yang tujuannya adalah tinggal di sekolah. Rasanya terdengar seperti mereka ingin menguasai sekolah itu sendiri.

Klub ini berisikan 4 anggota, yaitu Takeya Yuki, Ebizawa Kurumi, Wakasa Yuuri, dan Naoki Miki. Anime Gakkou Gurashi! menceritakan tentang adanya serangan zombie apocalypse yang terjadi di luar sekolah mereka. Untuk melindungi diri mereka, yang juga sebagai satu-satunya orang yang masih hidup di sekolah tersebut, maka dibentuk lah klub tinggal di sekolah.

Untungnya klub ini hanya dibentuk karena mereka terpaksa berlindung di sekolah. Entah apa jadinya jika klub ini benar-benar ada di sekolah kita. Tentunya kita tidak memerlukan sebuah ruangan klub karena secara logika seluruh isi gedung sekolah adalah ruangan kita, termasuk ruangan kepala sekolah.

 

4. Klub Holstein (Gin no Saji)

20 Klub Sekolah Teraneh yang Pernah Ada di Anime 17

Klub ini adalah klub untuk para pecinta sapi. Bukan hanya sekedar suka mengurus sapi, namun benar-benar maniak sapi, hingga mereka rela menjadikan sapi sebagai pacar mereka. Namun sebenarnya itu hanya kiasan saja. Tugas Klub Holstein adalah mengembangbiakkan sapi dengan tubuh yang indah dan mengikutkannya dalam kontes. Mereka menyebut diri mereka sebagai orang yang mencintai sapi lebih dari siapa pun.

 

3. Klub Good Job (GJ-bu)

20 Klub Sekolah Teraneh yang Pernah Ada di Anime 18

Salah satu klub yang memiliki nama yang tidak jelas, dan tidak diketahui bagaimana OSIS mereka bisa menyetujui klub ini. Klub ini sangat misterius dan tidak diketahui tujuan dibentuknya klub ini. Kegiatan dari klub ini hanya lah bersantai, bersenang-senang, dan bermalas-malasan. Mungkin terlihat mirip dengan Klub Peneliti Makanan atau klub Perancang Game (Sementara), namun dua klub tersebut masih memberikan kontribusi kepada sekolah. Sementara Klub Good Job sama sekali tidak memberikan kontribusi apapun.

Parahnya lagi, klub ini memiliki ruangan resmi dan luas. Hal yang sangat tidak adil untuk klub lain, mengingat pencarian ruangan klub itu sangatlah susah. Kalau pun dapat, biasanya mereka hanya dapat sebuah ruangan bekas saja (seperti ruangan klub Alam Terbuka). Kabarnya tidak ada satupun murid yang berani melewati lorong tempat ruangan klub ini berada, karena jika mereka lewat, mereka akan diculik, dan dipaksa untuk menjadi anggota klub. Benar-benar bikin jengkel ya..

 

2. Klub Pencari Alien, Penjelajah Waktu, dan Esper (Suzumiya Haruhi no Yuuutsu)

20 Klub Sekolah Teraneh yang Pernah Ada di Anime 19

Salah satu klub yang memiliki tujuan paling mustahil yang pernah ada. Tujuan-nya tidak lain tidak bukan sama seperti nama-nya, yaitu mencari alien, penjelajah waktu, dan esper. Klub ini diketuai oleh Haruhi, gadis yang sering merasa bosan dengan pola hidup dunia yang biasa-biasa saja, sampai-sampai akhirnya membentuk klub ini dengan penuh paksaan.

Anggota-anggota nya sendiri terpaksa bergabung dengan klub ini. Ada yang pasrah, ada yang telah bergabung dengan klub lain namun ditarik oleh Haruhi untuk masuk di klub ini, dan juga anak baru yang tidak tahu apa-apa disogok oleh Haruhi masuk klub ini.

Klub ini memiliki nama lain yang dibuat oleh Haruhi yaitu S.O.S yang memiliki arti Sekai wo Ooini moriagerutame no Suzumiya haruhi  no dan (Satuan Sebarkan Kesenangan ke Seluruh Penjuru Dunia oleh Suzumiya Haruhi).

Seperti namanya, aktivitas yang dilakukan klub ini adalah bersenang-senang, sampai Haruhi puas.

 

1. Klub Sihir Oriental dan Tidur Siang di Musim Panas (Chuunibyou demo Koi ga Shitai!)

20 Klub Sekolah Teraneh yang Pernah Ada di Anime 20

Mungkin inilah klub paling greget sepanjang sejarah anime. Klub ini benar-benar tidak dapat di-tolerir keanehan-nya. Klub ini merupakan gabungan dari klub oriental sihir yang beranggotakan 4 orang, dan klub tidur siang yang beranggotakan 1 orang. Dengan syarat untuk mendirikan klub adalah 5 orang, maka mereka pun bergabung membuat klub ini.

Anggota-nya terdiri dari Yuuta dan Shinka, yang merupakan mantan pengidap chuunibyou, Rikka dan Sanae yang sedang mengidap chuunibyou, dan Kumin seorang calon pengidap chuunibyou.

Aktivitas yang mereka lakukan hanyalah bersenang-senang, berhalusinasi, dan banyak lagi keanehan-nya. Yang jelas klub ini sudah pasti tidak menorehkan prestasi apapun untuk sekolah-nya. Sama hal-nya dengan klub Good Job, klub aneh seperti ini memiliki ruangan yang resmi, dan cukup besar.

 

Bonus:

Klub Hiburan (Yuru-Yuri)

20 Klub Sekolah Teraneh yang Pernah Ada di Anime 21

Klub hiburan adalah sebuah klub yang dibentuk oleh tiga orang sahabat yang selalu bersama sejak TK, yaitu Toshinou Kyouko, Akaza Akari, dan Funami Yui. Ketika masuk SMP, mereka membentuk klub ini sebagai tempat perkumpulan mereka saat istirahat atau pulang sekolah. Parahnya lagi mereka membentuk klub ini dengan memakai ruangan bekas klub Adat Teh, yang telah dibubarkan.

Keanehannya mirip dengan klub Sihir Oriental dan Tidur Siang di Musim Panas, tapi tidak lebih parah karena untungnya klub ini tidak resmi. Jadi tidak termasuk dalam daftar klub sekolah ter-absurd di anime versi Wibumesta. Andaikan ini klub resmi, mungkin inilah klub ter-aneh legendaris sepanjang masa menemani klub Sihir Oriental dan Tidur Siang di Musim Panas.

 

Klub Perkumpulan Studi Budaya Visual Modern (Genshiken)

20 Klub Sekolah Teraneh yang Pernah Ada di Anime 22

Sekilas yang mimin lihat, klub ini mirip dengan klub Peneliti Anime di Animegataris. Namun perbedaannya adalah klub ini mungkin sedikit lebih nyata dibandingkan klub Peneliti Anime. Mungkin dikarenakan jalan cerita-nya yang lebih bersahabat dan tidak memasukkan bumbu supernatural seperti Animegataris.

Klub ini tidak masuk dalam daftar, karena klub ini ada di sebuah perguruan tinggi, dan saat ini kita hanya membahas klub sekolah saja.

Nah, itulah daftar klub-klub ter-aneh yang pernah ada dalam serial anime versi Wibumesta. Mungkin kedepan-nya bakal ada anime yang klub sekolahnya jauh lebih absurd lagi dari list klub di atas. Kita nantikan saja ya..

Apa kalian juga punya daftar klub ter-aneh di anime versi kalian sendiri atau ada juga klub yang tidak tertera di atas? Silakan komentar ya~

“Sebuah klub selalu memiliki tujuan, dan mengalirkan keringat untuk mencapainya”

Funami Yui (Yuru Yuri)

Yu_Muyya

Tsuburaya Productions Umumkan Judul Baru Serial TV Ultraman

Previous article

Cosplayer Nomor Satu Jepang Buka Kanal YouTube Resmi, Penggemar Langsung Menyerbu untuk Melanggan

Next article

More in Anime

You may also like

Komentar