100 Bioskop Dibuka Kembali di Jepang

JepangNews
100 Bioskop Dibuka Kembali di Jepang 1

Media berita film Kōgyō Tsūshin kembali melaporkan peringkat box office di Jepang pada hari Senin (18/5) setelah 100 bioskop dibuka kembali akhir pekan lalu. Banyak teater tetap ditutup di Tokyo, Osaka, Kanagawa, dan daerah metropolitan lainnya karena pandemi penyakit coronavirus baru (COVID-19), dan Kōgyō Tsūshin menyusun data penjualan tiket sekitar seperempat dari jumlah bioskop normal. Shinrei Kissa Extra no Himitsu: The Real Exorcist (gambar atas), yang dibuka pada hari Jumat (15/5) dan berada di peringkat ke-1, adalah satu-satunya film baru yang masuk dalam peringkat 10 besar di box office Jepang untuk akhir pekan pada hari Sabtu dan Minggu.

100 Bioskop Dibuka Kembali di Jepang 2

Film Weathering With You garapan Makoto Shinkai menempati peringkat ke-2. Film ini dibuka di 359 bioskop dan 448 layar di Jepang Juli lalu. Film ini menjadi film domestik berpenghasilan tertinggi ke-7 sepanjang masa di Jepang dan merupakan film terlaris di Jepang pada tahun 2019.

Weathering With You berpusat pada bocah SMA bernama Hodaka yang meninggalkan rumahnya di pulau terpencil dan pindah ke Tokyo, dan dengan cepat mendapati dirinya banyak masalah seperti batas keuangan dan pribadinya. Dia akhirnya menemukan pekerjaan sebagai penulis untuk majalah okultisme yang misterius. Lalu ia bertemu seorang gadis bernama Hina di sudut jalan yang ramai. Gadis itu memiliki kemampuan yang aneh dan luar biasa: kekuatan untuk menghentikan hujan dan membuat cuaca cerah…

100 Bioskop Dibuka Kembali di Jepang 3

Film anime your name. garapan Shinkai berada di peringkat ke-5. Film ini awalnya dibuka di Jepang pada bulan Agustus 2016, dan telah menjadi film terlaris keempat sepanjang masa di Jepang, film Jepang terlaris kedua, dan film anime terlaris kedua.

Film your name. berpusat pada bocah SMA Tokyo bernama Taki dan gadis SMA bernama Mitsuha, yang tinggal di kawasan pedesaan. Mereka mulai saling berganti tubuh setiap kali tidur. Ketika mereka akhirnya bertemu langsung, mereka harus berpacu melawan waktu dan takdir untuk menyelamatkan satu sama lain.

Film your name. dibuka di 92 negara dan wilayah, dan memperoleh prestasi box-office di Korea Selatan, Cina, Hong Kong, Thailand, dan Taiwan, selain Jepang. Funimation Films menayangkan film ini di Amerika Utara.

Film Shin Godzilla garapan Hideaki Anno dan Shinji Higuchi berada di peringkat ke-6. Shin Godzilla memperoleh 8,2 miliar yen (US$75,6 juta) di box office di Jepang setelah dibuka di Jepang pada Juli 2016.

Remaster 4K dari film anime Akira garapan Katsuhiro Otomo berada di peringkat ke-9. Film ini dibuka di 36 bioskop IMAX Jepang pada 3 April. Anime ini awalnya dijadwalkan untuk debut di acara Tokyo Anime Award Festival (TAAF) 2020 pada 14 Maret, tetapi panitia membatalkan acara tersebut karena COVID-19. Remaster 4K ini juga akan dirilis di Amerika Serikat.

Dengan banyak film baru yang rilisnya ditunda, 10 peringkat besar untuk pekan terakhir ini meliputi sembilan film yang telah dirilis sebelumnya. Bioskop-bioskop Jepang mulai ditutup pada bulan Maret karena efek COVID-19. Kinerja box office turun 90% pada minggu pertama bulan April dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, dan semua bioskop ditutup pada pertengahan bulan April setelah Jepang menyatakan keadaan darurat seluruh nasional.

Perdana Menteri Shinzo Abe secara resmi mengonfirmasi pengangkatan keadaan darurat di 39 prefektur pada hari Kamis (14/5). Delapan prefektur yang tetap dalam keadaan darurat adalah Tokyo, Osaka, Kyoto, Chiba, Saitama, Kanagawa, Hyogo, dan Hokkaido.

Sumber: ANN