Simak

10 Manhwa Terbaik yang Tidak Diketahui Banyak Orang versi WibuMesta

0
10 Manhwa Terbaik yang Tidak Diketahui Banyak Orang versi WibuMesta 1

Manhwa saat ini tengah digandrungi oleh orang-orang di seluruh dunia termasuk di Indonesia, bahkan saat ini manhwa bisa mengimbangi atau bahkan mengalahkan manga yang berasal dari Jepang. Manhwa masuk ke dalam semua lingkup masyarakat mulai dari anak-anak hingga dewasa. Yang membuat manhwa lebih menarik dari pada manga sekarang ini adalah dikarenakan ceritanya yang bervariasi dan memiliki warna, berbeda dengan manga yang hanya berfokus pada hitam putih dan sepertinya tidak berniat mengubah format tersebut.

Oleh karena itu, setelah sebelum-sebelumnya WibuMesta memberikan rekomendasi untuk anime spring 2021 dan rekomendasi untuk manga/manhwa tentang virus. Kali ini, WibuMesta akan memberikan rekomendasi 10 Manhwa terbaik yang cocok buat kalian baca di saat luang.

Tanpa banyak basa-basi berikut adalah daftar rekomendasi 10 Manhwa terbaik.

10. Overgeared New

10 Manhwa Terbaik yang Tidak Diketahui Banyak Orang versi WibuMesta 2

Pengarang : Dong Wook Lee
Genre : Action, Adventure, Fantasy
Diterbitkan : 2020

Sinopsis

Bercerita tentang seorang buruh tapi bisa disebut pengangguran menyedihkan bernama Young Woo Shin yang kerjaannya hanya bermain game virtual reality yang bernama “Satisfy” dengan menggunakan nickname Grid. Dia bermain game untuk menghasilkan uang, tapi dikarenakan sebuah quest dia berakhir dengan memiliki banyak hutang. Quest tersebut diberikan oleh NPC bernama Ashur. Setelah berjuang dengan sangat keras akhirnya Grid mendapatkan Item Legendaris, tetapi Grid dituduh berhianat oleh Ashur. Ashur memerintahkan anak buahnya untuk membunuh Grid. Tetapi, sebelum Grid terbunuh, dia menggunakan Item tersebut semua skill dan status karakternya tereset dan Grid berubah menjadi Keturunan Pagma ( Sebuah Kelas Legendaris ).

Opini Wibumesta

Konsep Manhwa ini sangat menarik karena bercerita tentang dunia game virtual dimana kita bebas melakukan apapun di dalam game tersebut, karakterdibagi atas beberapa kelas mulai dari Rakyat biasa sampai bisa menjadi seorang Paus di dalam game, Item juga dibagi menjadi beberapa kelas mulai dari Normal sampai ke tingkat Legendaris. Bagi kalian yang suka dengan konsep grinding Manhwa ini sangat cocok untuk kalian baca di saat luang.

9. FFF-Class Trashero

10 Manhwa Terbaik yang Tidak Diketahui Banyak Orang versi WibuMesta 3

Pengarang : Farnar
Genre : Action, Adventure, Drama, Comedy, Fantasy
Diterbitkan : 2019

Sinopsis

Menceritakan tentang prontagonis yang bernama Kang Han Soo yang dipanggil ke dunia lain untuk membunuh raja iblis. Akan tetapi, setelah dia membunuh raja iblis, dewi mengatakan bahwasanya dia gagal dan harus mengulangi lagi semuanya dari awal. Saat mengulang skill dan ingatannya yang didapat tidak tereset sama sekali sehingga dia gampang untuk membunuh raja iblis sekali lagi, tetapi tetap dikatakan gagal oleh dewi. Hal ini terus berulang-ulang sehingga membuat Kang Han Soo muak dan akhirnya dia merencanakan sesuatu untuk bisa lepas dari hal tersebut.

Opini Wibumesta

Manhwa ini memiliki konsep yang unik dan berbeda dari komik atau manhwa isekai lain, di mana pahlawan telah berhasil membunuh raja iblis tapi selalu dikatakan gagal dan terus mengulangi hal tersebut sehingga membuat pahlawan kita muak. Manhwa ini juga memiliki unsur comedy yang lumayan banyak di setiap chapternya, tetapi tetap dibalut dengan jalan cerita yang menarik pula di setiap chapternya. Sehingga membuat kita tidak bosan saat membacanya.

8. Kill The Hero

10 Manhwa Terbaik yang Tidak Diketahui Banyak Orang versi WibuMesta 4

Pengarang : D-Dart & CarroToon
Genre : Action, Adventure, Fantasy, Shounen
Diterbitkan : 2020

Sinopsis

Suatu hari, dunia berubah menjadi sebuah game. ‘Dungeon’ dan ‘monster’ muncul di tengah kota, dan ‘player’ yang telah menerima ‘authority’ dewa muncul. Se-jun Lee, guildmaster dari Guild Messiah yang akan membawa keselamatan bagi dunia. “Mari kita selamatkan dunia bersama. Mari kita akhiri mimpi buruk ini.” Seluruh dunia merayakan kemenangan sang pahlawan, Dan aku pun menjadi temannya. Tapi… Dia bukan pahlawan atau mesiah seperti dunia memanggilnya. Dia adalah seorang pahlawan penipu dengan ambisi rahasia untuk menguasai dunia. “jika bukan karenamu, aku tak akan bisa sampai sejauh ini.” Aku kehilangan nyawaku karena pedangnya di dungeon terakhir.… atau itulah yang ku pikir. Kata-kata yang ku dengar di telingaku ketika aku mati.
[Memulai game.]
Aku kembali ke masa lalu, kembali ketika aku masih belum bangkit menjadi ‘player’. Dan kali ini, giliranku …… Untuk ‘memburunya’.

Opini Wibumesta

Tidak semua pahlawan ternyata memiliki sifat yang baik, begitulah inti dari manga ini. Terkadang demi sebuah ambisi seseorang rela mengorbakan teman baiknya sendiri. Akan tetapi, orang yang dikorbankan tersebut malah dihidupkan kembali untuk membalas perbuatannya tersebut. Sungguh sebuah ironi.

7. The Great Mage Returns After 4000 Years

10 Manhwa Terbaik yang Tidak Diketahui Banyak Orang versi WibuMesta 5

Pengarang : Bernacle
Genre : Action, Adventure, Fantasy, Shounen
Diterbitkan : 2020

Sinopsis

Manhwa ini bercerita tentang penyihir hebat yang jiwanya bereinkarnasi dan masuk ke dalam tubuh siswa terburuk dari Akademi Westord, aib keluarga Blake. Jiwa baru memasuki tubuh Frey Blake yang tak bernyawa, anak lelaki yang tidak kuat dengan kehidupannya yang menyakitkan dan memilih mati. “Ada apa dengan tubuh ini? Aku harus memeriksa setiap detail kecilnya. ” The Great Mage Lucas Traumen. Dia mendapat kesempatan membalas dendam dengan mendapatkan tubuh Frey Blake! Dan dimulailah petualangan menarik dari Great Mage yang kembali setelah 4000 tahun!

Opini Wibumesta

Kembali setelah 4000 tahun, sungguh waktu yang sangat lama. Bagaimana caranya seseorang dapat beradaptasi didunia yang sudah berkembang hingga 4000 tahun ? Pasti sulit bukan ?. Tetapi, hal ini tidak berlaku untuk penyihir besar di dalam cerita ini. Dimana dia berhasil beradaptasi dan mencoba untuk mengembalikan kekuatannya demi mengalahkan Demi God yang sudah membunuhnya di 4000 Tahun yang lalu. (Seandainya admin bisa reinkarnasi ke zaman dulu hahaha).

6. A Returner’s Magic Should Be Special

10 Manhwa Terbaik yang Tidak Diketahui Banyak Orang versi WibuMesta 6

Pengarang : Yu So Nan
Genre : Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Harem, Martial Arts, School Life, Shounen
Diterbitkan : 2018

Sinposis

Manhwa ini bercerita tentang reinkarnasi karakter utama yang mencoba untuk menyelamatkan teman-temannya dan membunuh The Shadow Labyrinth – mahkluk pembunuh yang paling mengerikan bagi manusia dalam sejarah. Desir Arman adalah salah satu dari enam orang yang tersisa dari ras manusia. Keenamnya berupaya untuk membersihkan tingkat akhir dari labirin tetapi akhirnya gagal, dan dunia akan berakhir. Namun, ketika Desir mengira dia akan menemui ajalnya, apa yang terungkap di hadapannya adalah dunia … tiga belas tahun yang lalu ?! Desir dikembalikan ke masa lalu, kembali ke waktu ketika dia mendaftar di akademi sihir terbaik di negara itu, Havrion. Dia bersatu kembali dengan teman-temannya yang berharga, dan siap untuk mengubah masa lalu untuk menyelamatkan dunia dan orang-orang yang dicintainya …!Tiga tahun tersisa sebelum munculnya Dunia Bayangan! Ubah masa lalu dan kumpulkan rekan-rekan yang kuat untuk menyelamatkan umat manusia!

Opini Wibumesta

Kembali kemasa lalu dengan memiliki semua pengetahuan di masa depan, sudah pasti luar biasa. Konsep ceritanya sangat menarik dan pasti akan sangat di sukai oleh banyak orang yang kehidupannya menyedihkan seperti admin.

5. The Legendary Moonlight Sculptor

10 Manhwa Terbaik yang Tidak Diketahui Banyak Orang versi WibuMesta 7

Pengarang : LEE Do-gyeong, NAM Heesung
Genre : Action, Adventure, Comedy, Drama, Fantasy, Martial Arts, Romance, Sci-Fi, Seinen, Shounen, Slice of Life
Diterbitkan : 2015

Sinopsis

Bercerita tentang seorang yang ditinggalkan oleh dunia (Pengangguran), orang yang dikenal sebagai Dewa Perang legendaris di Game Benua Sihir MMORPG yang sangat populer. Dengan usia semakin tua, ia memutuskan untuk pensiun, tapi ia mencoba untuk menjual avatarnya. Dengan tak terduga, avatar legendaris miliknya terjual 3,1 miliar won ($ 2.700.000). Dengan uang itu ia dapat terbebas dari hutang rentenir. Dengan memulai game baru dia bertekad memainkan MMORPG lain, Royal Road. Ini adalah legenda Lee Hyun di jalan untuk menjadi Kaisar bersama dengan keluarga tercintanya, keinginan tak terbatas untuk uang, pikiran yang tak terduga, tubuh yang rajin ditempa dan bakat dari kerja keras mendukung dia untuk mencapai keinginannya.

Opini Wibumesta

Jika kau lelah dengan dunia nyata, maka game dengan prinsip dunia nyata adalah jalan keluarnya. Dengan bakat dan kerjas kau mampu membuat sesuatu yang dapat membuatmu terkenal dan dapat dijual untuk membuatmu menjadi sangat kaya di dunia nyata.

4. The Beginning After The End

10 Manhwa Terbaik yang Tidak Diketahui Banyak Orang versi WibuMesta 8

Pengarang : TurtleMe
Genre : Action, Adventure, Comedy, Fantasy
Diterbitkan : 2016

Sinopsis

Raja Grey yang mempunyai kekuataan, kekayaan dan prestise tak tertandingi di dunia yang kemampuan bela diri menentukan nasib seseorang, Bereinkarnasi ke dunia penuh sihir dan monster setelah dibunuh secara diam-diam. Sang raja punya kesempatan kedua untuk memperbaiki kesalahan masa lalunya dan pencarian alasan kenapa dia bisa terlahir kembali serta perannya di dunia baru ini.

Opini Wibumesta

Jika kalian tau manga/anime Mushoku Tensei, Manhwa ini sangat mirip dengan manga/anime tersebut. Memulai kehidupan dari bayi setelah mati di kehidupan sebelumnya. Yang membedakan hanyalah karakter dimanhwa ini Badass dan Mantan Raja, Sementara di Mushoku Tensei seorang Wibu Pengangguran.

3. Tomb Raider King

10 Manhwa Terbaik yang Tidak Diketahui Banyak Orang versi WibuMesta 9

Pengarang : Yoonz
Genre : Action, Adventure, Fantasy, Shounen, Supernatural
Diterbitkan : 2019

Sinopsis

Makam Dewa mulai muncul di seluruh dunia. Berkat pusaka yang ada dalam makam tersebut, banyak orang mampu mendapatkan kekuatan legendaris sambil menindas yang lainnya. Namun, muncullah seorang penjarah makan yang bertujuan mencuri pusaka-pusaka itu. Seorang Raja Penjarah Makam. “Astaga! Apa si berengsek itu juga sudah menjarah tempat ini?!” Apa yang kau miliki adalah milikku. Apa yang kumiliki adalah milikku sendiri. Ini adalah sebuah cerita tentang kembalinya Penjarah kubur yang akan mengecap seluruh makam dan pusaka untuk dirinya sendiri!

Opini Wibumesta

Manhwa ini didesign oleh artist yang mendesign Manhwa Solo Leveling (Artistnya sama). Manhwa ini memiliki konsep cerita yang sangat fresh dan tidak pernah ada sebelumnya, dimana pemeran utama akan berburu makam dari orang-orang terkenal di dunia untuk mengambil relik yang tersimpan di dalam makam tersebut. Setiap relik memiliki kekuatan yang berbeda tergantung sejarah dan dimakam siapa itu diambil. Sangat menarik melihat sejarah dipadukan dengan sebuah cerita Fantasy.

2. Medical Return

10 Manhwa Terbaik yang Tidak Diketahui Banyak Orang versi WibuMesta 10

Pengarang : Yuin
Genre : Action, Drama, Fantasy, Martial Arts, School Life
Diterbitkan : 2018

Sinopsis

Kim Jihyun, yang menjalani hidupnya sebagai ahli bedah yang tidak dapat diandalkan, mendapatkan kesempatan kedua untuk menghidupkan kembali hidupnya. Dia kemudian kembali ke masa SMP-nya, dan menjalani hidupnya semaksimal yang tidak seperti sebelumnya, dia belajar tanpa henti. Cita-citanya adalah menjadi dokter kulit yang menghasilkan banyak uang alih-alih dari ahli bedah miskin yang dia miliki dari kehidupan sebelumnya!

Opini Wibumesta

Salah satu karya terbaik yang menceritakan tentang dunia kedokteran melalui pandangan karakter utama yang seorang dokter. Bagaimana di awal dia berjuang untuk menjadi seorang dokter dan Bagaimana dia bertahan menjadi seorang dokter di lingkungan kerja yang kejam.

1. Solo Leveling

10 Manhwa Terbaik yang Tidak Diketahui Banyak Orang versi WibuMesta 11

Pengarang : Chugong
Genre : Action, Adventure, Fantasy, Magic, Shounen
Diterbitkan : 2018

Sinopsis

10 tahun yang lalu, setelah “Gerbang” yang menghubungkan dunia nyata dengan dunia monster dibuka, beberapa orang biasa, setiap hari menerima kekuatan untuk memburu monster di Gerbang. Mereka dikenal sebagai “Pemburu”. Namun, tidak semua Pemburu memiliki kekuatan. Namaku Sung Jin-Woo, Pemburu peringkat E. Aku adalah seseorang yang harus mempertaruhkan hidupnya di ruang bawah tanah terendah, “Dunia Terlemah”. Tidak memiliki keterampilan apa pun untuk ditampilkan, aku hampir tidak mendapatkan uang yang dibutuhkan dengan bertarung di ruang bawah tanah tingkat rendah. Setidaknya sampai aku menemukan penjara tersembunyi dengan kesulitan tersulit dalam dungeon D-rank! Pada akhirnya, ketika aku menerima kematian, aku tiba-tiba menerima kekuatan aneh, log pencarian yang hanya bisa kulihat, rahasia untuk naik level yang hanya aku yang tahu! Jika saya dilatih sesuai dengan pencarian saya dan monster yang diburu, level saya akan naik. Berubah dari Hunter yang paling lemah menjadi Hunter S-rank terkuat!

Opini Wibumesta

Tidak perlu banyak omonglah, Best Manhwa Ever.

BONUS

Again My Life

10 Manhwa Terbaik yang Tidak Diketahui Banyak Orang versi WibuMesta 12

Pengarang : Eogein Mai Laipeu
Genre : Action, Drama, Shounen
Diterbitkan : 2019

Sinopsis

Seorang jaksa yang benar, hidup kembali, menghukum penjahat !!!! Seorang jaksa berdarah panas, kim hi wu, dibunuh dan ditenggelamkan ke laut sambil mengejar tiran yang menguasai Korea. Tapi, Kim Hi Wu, bertemu dengan malaikat maut yang memberinya kesempatan untuk hidup kembali dan mengirimnya kembali ketika dia berusia 18 tahun. Sebagai siswa sekolah menengah, kim hi wu, bersiap untuk menghukum tiran Jo Tae Sup.
“Untuk mendapatkan iblis, kamu harus menjadi satu”

Opini Wibumesta

Mirip seperti Medical Return, tetapi ini bercerita tentang kehidupan seorang jaksa yang mencoba memberantas kejahatan dan korupsi.

Ranker Who Lives A Second Time

10 Manhwa Terbaik yang Tidak Diketahui Banyak Orang versi WibuMesta 13

Pengarang : Nong Nong
Genre : Action, Adventure, Fantasy, Game
Diterbitkan : 2019

Sinopsis

Yeon-woo memiliki saudara kembar yang menghilang lima tahun yang lalu. Suatu hari, arloji saku yang ditinggalkan oleh saudaranya kembali ke miliknya. Di dalam, ia menemukan buku harian tersembunyi yang direkam “Pada saat kau mendengar ini, aku pikir aku sudah mati ….”

Opini Wibumesta

Memiliki konsep cerita tentang seorang kakak yang baik dan sayang terhadap adiknya, akan tetapi setelah dia kembali dari tugas militer ia mendapati adiknya mati dibunuh oleh temannya sendiri didalam sebuah permainan. Hal ini membuat sang kakak ingin masuk kedalam dunia tersebut untuk membalas dendam.

Bagaimana kawan wibumesta? apakah menurut kalian manhwa diatas cukup menarik untuk kalian baca?

M&C! Melisensi Manga The Apothecary Diaries

Previous article

Video Promosi Ketiga Anime Odd Taxi Memperdengarkan Lagu Pembuka yang Dibawakan oleh Skirt & Punpee

Next article

You may also like

More in Simak

Komentar